Sabtu, 31 Juli 2010

Hape SE Buat Modem

Pusing banged pas mau ngisi krs online,,
Dua semester yang lalu sih gag sepusing ini karena saya pas lagi di kosan di semarang. Di sana kan banyak warnet dan area hotspot gratis, jadi gampang aja online seharian.
Sebenernya semester ini juga emang udah sengaja ke kampus rame-rame ma temen khususon buat ngisi krs bareng-bareng (biar bisa kuliah satu kelas terus ma mereka). Tapi berhubung system gi error (kabarnya dosen baru pada liburan jadi telat ngupload jadwal) dan jadwal isi krs ditunda sampai seminggu, akhirnya kita semua yang notabene udah stay 3 hari di kos berbekal uang seadanya (lebay) memutuskan untuk mudik saja (daripada di kosan ngabis-ngabisin duit, sayang, cari duit susah tau!).
Nah, ini nih yang bikin pusing, gimana caranya isi krs di rumah? FYI, di desa gw yang agak ndeso ini (Cuma agak lho, gag ndeso-ndeso amat, huhu) gag ada warnet (dalam hal ini aku akui emang bener-bener ndeso), gag ada sinyal wifi (kalu yang ini gag ndeso, kan banyak desa bahkan kota gag ada), dan aku gag punya modem ( kalu ini akunya yang ndeso, hiks hiks). Kasihan banged ya gw…………..
Akhirnya aku putuskan untuk pake hape SE ku buat jadi modem (mesti modal pulsa nih). Tapi caranya gimana? Udah cari-cari info di internet, tapi kok pada ribet banged gitu. Akhirnya aku otak-atik sendiri, dan……….BERHASIL! bahagia akhirnya q gag perlu pake rencana B ( pergi ke tempat yang agak kota buat nyari warnet, yang dalam hal ini gw sangsi ada yang bakal nganterin gw ke sana, lumayan jauh bu! Males kalu ke sana sendirian).
Berhubung aku baik hati dan tidak sombong, aku tulisin di sini ya caranya, mungkin berguna kalu (kali aja) ada yang di desanya gag ada warnet, gag ada sinyal wifi, dan gag punya modem, atau gag punya lepi/pc? (mesti beli dulu kalu itu, minjem juga boleh deh).
1. Pertama, pastiin kamu udah install modemnya (dalam kasus ini adalah hape sebagai modem). Caranya, pertama kamu mesti pastiin hape udah tersambung ke computer/laptop, bisa pake kabel data atau Bluetooth (pake kabel data lebih aman). Berhubung hapeku SE jadi aku buka Sony Ericsson PC Suite, bagi yang pake nokia bukanya Nokia PC suite yahh,, hape yang lain aku kurang tahu. Terus klik Mobile Networking Wizard, klik file, New Connection, terus di create a new connection pilih Packet Switched Data, klik next. Terus pilih modem yang udah ada, kalu gag ada yang sesuai sama hape kamu, pilih install modem. Kalu udah pilih modem, klik next lagi lalu isi connection name suka-suka kamu. Klik next, pilih manual mode, klik next lagi ( next-next mulu, bosenn! Haha). Buat pengguna indosat aku saranin pake pulsa gprs biar lebih ngirit ya. Khusus buat yang pake pulsa ini, APNnya indosatgprs, username dan passwordnya indosat@durasi. Kalu udah diisiin APN, user ID dan passwordnya, klik finish, kelar deh!
2. Terus, kalu mau connect ke internet, tinggal klik toolbar connect di Mobile Networking Wizardnya. Nah, selamat menikmati!








Update:
Huahahahaha...

Ada kabar baik dan kabar buruk ni, Kawan!
Kabar baiknya, Nokia n Sony Ericsson udah mengupgrade Pc Suite mereka. Hasilnya kita gak perlu repot2 menyetting setelan gprs di kompi. Setting gprs udah otomatis ngikut ke setting yang kita pake di hape.
Kabar buruknya, pulsa gprs indosat sekarang boros. Jadi yang mau ngirit silakan coba pake provider lain aja.

0 comments:

 
Diberdayakan oleh Blogger.